Perpustakaan

gudang ilmu pengetahuan.

Sarjana Perpustakaan

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Dunia Ilmu Pengetahuan

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.
 

KONTROVERSI JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN

Minggu, 24 Februari 2013

Oleh  :  M. Ainun Najib         

          Dewasa ini banyak orang yang bertanya-tanya tentang profesi PUSTAKAWAN, atau bagi yang belum tahu sama sekali tentang profesi tersebut, mereka hanya memandang pustakawan sebatas PENJAGA BUKU...!!! nGenes bukan mbak bRo mas bRo??

           Realita seperti ini sudah sering sekali terjadi di sekitar kita kan??? makanya... kita sebagai calon-calon PUSTAKAWAN seharusnya bisa merubah persepsi masyarakat tentang profesi tersebut.
INGAT...!!! Orang yang berilmu adalah orang yang bisa menghargai ilmu dan sudi merawat serta menjaga sumber ilmu pengetahuan. makanya, kita sebagai calon pustakawan harusnya bangga dengan jurusan serta profesi tersebut.

          Aku ingin sedikit bercerita tentang pertanyaan dari orang-orang yang nggak tahu tentang jurusan ILMU PERPUSTAKAAN & INFORMASI, terutama profesi PUSTAKAWAN. Ada yang terkesima dengan jurusan Ilmu Perpustakaan, dan ada juga yang masih mengajak debat terus menerus karena mereka nggak tahu tentang jurusan dan profesi ini.

             Orang pertama yang bertanya tentang jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi adalah Anak UGM jurusan Biologi, kebetulan dia satu organisasi sama aku. Dia terkesima dengan jurusan ini tanpa aku jelaskan basi basi panjang lebar sepak terjang atau prospek kedepannya seperti apa. mungkin karena dia sudah tahu akan jurusan ini.

Si UGM bertanya "kuliah dimana mas?"
Aku jawab "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta..."
Dia nanya lagi... "jurusan apa?"
kemudian tak jawab "jurusan ilmu perpustakaan dan informasi S1"
langsung Si UGM itu menggelengkan kepala sambil bilang "Waaah.. keren banget jurusanmu. di UGM mah nggak ada jurusan Ilmu Perpustakaan yang S1"
Aku hanya bisa tersenyum... :))

Kemudian di lain hari juga ada yang bertanya tentang jurusan ini lagi, kebetulan dia juga satu Perkumpulan Alumni Pesantern dulu waktu masih di kudus. Dia anak UNY jurusan Bahasa Prancis. dan Dia juga sedikit kagum dengan jurusan ini.

Si UNY nanya "kak, kuliahnya jurusan apa?"
tak jawab "Ilmu Perpustakaan dan Informasi"
Dia nanya lagi "disitu mempelajari apa aja?"
Aku jawab "ya disana nggak cuma belajar teori tentang perpustakaan, tapi juga mempelajari tentang teknologi komputer karena sesuai dengan kemajuan dan berkembangnya informasi"
Masih nanya lagi... "misalnya..?"
Aku jawab lagi "ya mempelajari tentang klasifikasi, aplikasi yang ada di komputer dan dunia maya, dll..."

Lalu ada lagi yang bertanya tentang Pustakawan, kebetulan anak UIN sendiri. ya orangnya sedikit menjengkelkan sih... nanya malah ngajak debat.

Si UIN nanya "eh, jurusanmu apa?"
tak jawab "Ilmu Perpustakaan dan Informasi"
Dia nanya lagi "ngapain ada jurusan seperti itu?"
Aku jawab "karena orang yang mengelola perpustakaan harus punya bekal ilmu tentang perpustakaan, dan nggak semua orang bisa mengelola perpustakaan kalau nggak punya ilmunya"
Dia malah bantah... "Lho... sekarang kan teknologi udah canggih, cari buku lewat OPAK ya bisa, ngapain masih membutuhkan pustakawan"
Lalu Aku jawab lagi "kalo nggak ada pustakawan, ya nggak bakalan ada OPAK, klasifikasi buku, dll... karena semua ada ilmunya"
Lalu Dia langsung diam karena nggak tahu tentang jurusan ini dan profesi puskawan.

Naaah... makanya, kita semua harus bangga dengan profesi ini. kalo nggak ada yang mengelola, terus siapa lagi kalau bukan Anak Ilmu Perpustakaan...!!!




4 komentar:

Anonim mengatakan...

setuju banget

Mayang Agustin mengatakan...

masih galau jurusan kuliah nanti

dulu aku tertarik masuk sastra inggris, tapi setelah searching" dan baca tentang jurusan ilmu perpustakaan, aku jadi tertarik juga

punya saran yang bagus buat aku ga?

Aura Leilashafa mengatakan...

ijin share ya gan ^^ bagus banget nih :)

Anonim mengatakan...

Jurusan ilmu perpustakaan yang sudh terakreditasi diuniversitas mana ya !

Posting Komentar

Perpustakaan

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Sarjana Perpustakaan

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Dolor

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.