Perpustakaan

gudang ilmu pengetahuan.

Sarjana Perpustakaan

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Dunia Ilmu Pengetahuan

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.
 

PERPUSTAKAAN DAN KENDARAAN INFORMASI PUBLIK

Kamis, 23 Mei 2013




  • PENDAHULUAN
Dewasa ini, dengan semakin berkembang dan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi di dunia, khususnya di Indonesia. Banyak lembaga, instansi, dan para akademisi bahkan pemerintah yang lebih berkonsentrasi di bidang teknologi informasi untuk menciptakan sebuah penemuan baru di bidang tersebut demi tercapainya pengetahuan dan informasi publik yang mudah di jangkau oleh masyarakat. Mereka berdiskusi dan menggagas ide-ide yang cemerlang demi berlangsungnya perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi publik.
Hal tersebut harus kita apresiasi dengan memberikan dukungan yang maksimal, misalnya dengan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang berkembang saat ini, kemudian mendapatkan penemuan baru, lalu dishare dan dipublikasikan kepada masyarakat.
Berbanding lurus dengan masalah di atas, perpustakaanlah yang menjadi pusatnya ilmu pengetahuan dan informasi publik yang seharusnya dikelola dan diaplikasikan di dalam kehidupan masyarakat demi meningkatkan kecerdasan kehidupan bagi warga negaranya. Hal yang paling mendasar yang belum terwujud secara maksimal di perpustakaan adalah kurangnya pengetahuan dan keahlian di bidang teknologi informasi serta lemahnya manajemen perpustakaan bagi pengelola perpustakaan dan minimnya mesin teknologi informasi sebagai penunjang dan kemudahan akses bagi pengguna.`    

  •  PEMBAHASAN
Perpustakaan sebagai salah satu sarana informasi dan pengetahuan publik yang seharusnya menjadi penopang kebutuhan nonmaterial yaitu sebagai wahana pelayanan ilmu pengetahuan dan informasi bagi masyarakat. Sesuai yang tercantum dalam Undang-Undang No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan “bahwa dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi yang berupa karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam”.
Dari Undang-Undang di atas sudah jelas bahwa peran perpustakaan sangatlah penting demi terwujudnya masyarakat yang cerdas. Keberhasilan sebuah perpustakaan dalam melaksanakan tugas serta fungsinya itu tergantung dari mutu pelayanan yang diberikan kepada pengguna. Sehingga dengan mutu pelayanan yang baik, citra dan persepsi masyarakat terhadap perpustakaan juga akan semakin baik. Oleh karena itu, perpustakaan bukan hanya sekedar tempat penyimpanan bahan pustaka saja (buku dan non buku), tetapi juga adanya upaya mengelola perpustakaan agar koleksi bahan pustaka yang ada dimanfaatkan oleh pemakainya secara maksimal. Agar koleksi bahan pustaka dapat gunakan secara maksimal, maka bahan pustaka tidak hanya disimpan saja, tetapi harus diatur dan dirawat secara baik. Dengan demikian,  tujuan serta fungsi perpustakaan sebagai pusat sumber ilmu pengetahuan dan informasi dapat dimanfaatkan oleh pemakainya secara maksimal.
Perpustakaan yang baik dapat diukur dari keberhasilannya dalam menyajikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat pemakaiannya. Semakin baik pelayanannya, semakin tinggi penghargaan yang diberikan pada sebuah perpustakaan, lengkapnya fasilitas yang ada, besarnya dana yang disediakan serta banyaknya tenaga pustakawan, tidak berarti apa-apa bila perpustakaan tersebut tidak mampu menyediakan pelayanan yang bermutu.
Kemudian masalah kendaraan informasi publik merupakan salah satu bagian dari perpustakaan induk. Kendaraan informasi publik atau yang lebih di kenal dengan perpustakaan keliling itu merupakan kendaraan yang memuat koleksi-koleksi perpustakaan dan selalu memberikan layanannya kepada masyarakat yang berada di daerah yang tidak dapat menjangkau perpustakaan pusat tersebut. Dengan adanya kendaraan informasi publik (perpustakaan keliling) tersebut, harusnya didayagunakan dengan maksimal sesuai dengan tujuan dan fungsi perpustakaan, dan juga sesuai dengan Undang-Undang yang ada.
Seperti dalam lansiran koran Kedaulatan Rakyat pada awal bulan Maret kemarin, Pegawai Kementerian Kominfo menyiapkan kendaraan penyuluhan informasi publik untuk daerah tertinggal. Sebanyak 15 mobil dan 15 motor dilengkapi peralatan audio visual diberikan kepada kabupaten atau provinsi yang dinilai membutuhkan kendaraan penyuluhan informasi itu.
Dengan adanya contoh kecil di atas, dapat memberikan stimulus untuk lembaga perpustakaan di setiap daerah supaya dapat memberikan pelayanan yang terjangkau ke daerah-daerah yang tertinggal dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat pengguna, terutama para pelajar yang sangat membutuhkan bahan bacaan untuk meningkatkan pengetahuannya di bidang akademis. Apabila fasilitas tersebut terpenuhi, maka masyarakat akan semakin tertarik dan menjadi kebutuhan sehari-hari untuk menambah ilmu pengetahuan dan informasi.    
Tetapi disisi lain perpustakaan keliling untuk daerah tertinggal atau pelosok desa tidak terlalu diperhatikan, atau bahkan mungkin sama sekali tidak ada. Padahal masyarakat yang tertinggal itu sangat membutuhkannya, karena mungkin perpustakaan sekolah atau desa disana kondisi atau pelayanannya kurang optimal. hal tersebut tidak lepas dari peran pemerintah yang kurang memberi bantuan kepada perpustakaan daerahnya. Pemerintah seharusnya memperhatikan masalah seperti itu dan ikut serta dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan pintar, karena Perpustakaan Keliling itu salah satu sarana yang sangat penting dan diperlukan sebagai pem-back up demi terpenuhinya kebutuhan nonmaterial serta sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

  •  PENUTUP
Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa dengan semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang semakin pesat, menyebabkan meningkat pula kebutuhan dan tuntutan masyarakat pengguna perpustakaan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan tersebut. Perpustakaan yang seharusnya sebagai pusat tempat belajar karena perpustakaan sebagai gudangnya ilmu pengetahuan dan informasi. Perpustakaan tidak hanya melayani di sebuah gedung saja, tetapi seharusnya juga mempunyai pelayanan di luar dengan mengadakan kendaraan informasi publik (perpustakaan keliling). Semua program itu tidak lepas dari peran pemerintah yang seharusnya membantu demi berkembang dan majunya perpustakaan.
Dengan demikian, perpustakaan memang benar-benar dapat menjadi pusat sumber ilmu pengetahuan dan informasi apabila perpustakaan berhasil menjalankan tujuan dan fungsi perpustakaan sebagaimana mestinya, sehingga citra dan perpustakaan di mata masyarakat akan menjadi lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Perpustakaan

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Sarjana Perpustakaan

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Dolor

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.